Breaking

Tuesday, July 10, 2018

July 10, 2018

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Kulit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur. Hampir setiap masakan lezat dari Indonesia tidak luput dari kunyit sebagai bumbunya. Selain dijadikan sebagai bumbu masak, kunyit yang memiliki nama latin Curcuma Domestica Val ini juga sering dijadikan jamu dan bahan ramuan obat tradisional.

Malahan belakangan ini, semakin marak produk-produk kecantikan dengan menggunakan bahan dasar kunyit. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.


Manfaat dan Khasiat Kunyit


Manfaat KunyitAntioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.

  1. Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami.
  2. Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena punya sifat anti-kanker.
  3. Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.
  4. Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda.
  5. Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.
  6. Kunyit dapat memainkan peran penting dalam hal mencegah leukemia.
  7. Memasukkan kunyit dalam diet Anda sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit.
  8. Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda secara efektif.
  9. Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  10. Mencegah proses penuaan karena punya sifat antioksidan.
  11. Sebagai salah satu komponen yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.
  12. Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.
  13. Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan warna kulit cerah.
  14. Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

Mengatur insulin
Ini adalah salah satu peran dari kunyit terhadap diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

Mengurangi lemak
Diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Mencegah infeksi
Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

Cara Membuat Ramuan Kunyit


Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Untuk pengobatan luar, kunyit bisa diparut dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Untuk Pengobatan Dalam

Untuk penggunaan internal, Anda bisa mengonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum setiap hari dan lihat manfaatnya untuk kulit Anda.

Untuk Pengobatan Luar

Sementara untuk penggunaan eksternal, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lihat perbedaan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

Mengobati Keputihan dengan Kunyit

Untuk keputihan, Anda dapat menggunakan dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, sepotong gula kelapa atau aren. Semua bahan direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin sati gelas sehari.

Mengobati Koreng dan Gatal

Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

Merangsang Keluarnya ASI

Khusus wanita, untuk merangsang pengeluaran ASI saat menyusui dapat menggunakan pupuk kunyit yang disapukan pada payudaranya. Dan masih banyak lagi cara pengobatan dengan kunyit ini.

Oke, semoga informasi mengenai manfaat dan khasiat kunyit ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


sumber : manfaatbuahdaun.blogspot.com
July 10, 2018

Hati-hati, Ini Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Saat Hamil


Tampil cantik namun tetap sehat saat hamil tentunya jadi imipian setiap perempuan yang sedang mengandung. Itu sebabnya ibu hamil tak hanya harus selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, namun juga harus pintar dalam memilih skincare serta kosmetik yang akan dipakai. Sayangnya, tak semua kandungan aman digunakan oleh perempuan yang sedang hamil. Apa saja sih kandungan yang baiknya dihindari? Baca di bawah ini yah!

11-ec1595a8f57f9dd07f7b44335d9e9e84.jpg

Retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A merupakan kandungan yang sering ditemukan pada produk anti jerawat dan juga masker wajah. Namun, jika digunakan oleh ibu hamil, kandungan ini dapat merusak perkembangan janin hingga menyebabkan cacat. 

21-9f81281dbc929cd5947906fc98360beb.jpg

Hydroquinone biasanya ditemukan pada produk pemutih wajah. Tak hanya bisa menyebabkan kerusakan organ pada janin, kandungan ini juga memberikan pengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan terhalangnya proses alami pembentukan kulit yang sehat untuk calon bayi.​ Jadi, ketika sedang hamil, ada baiknya hindari produk pemutih wajah.

31-6e8e1ee5cf29619546d09431d590cb23.jpg

Rhodamin merupakan bahan yang memberikan warna pada tekstil. Walaupun penggunaannya dilarang, rhodamin masih digunakan sebagai pewarna pada kosmetik. Dampaknya, tidak hanya bisa menimbulkan kanker kulit pada si ibu, namun kandungan ini juga dapat menyebabkan cacat pada sang janin.

41-6f683ee20ca1dad7827a7c916c1a804b.jpg

BHA atau lebih dikenal dengan nama salicylic acid, dikenal ampuh untuk menangani jerawat, sebenarnya aman. Namun, masih ada beberapa produk kecantikan dengan kandungan BHA yang  melebihi jumlah normal sehingga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Jadi, ada baiknya hindari kandungan yang satu ini yah.

51-f9474b35588fc07c96e8dac8169b647f.jpg
Phathalates merupakan kandungan yang terdapat dalam produk pewarna kuku yang sangat berbahaya bagi kesehatan sistem reproduksi. Baiknya, untuk sementara hindari penggunaan cat kuku selagi mengandung.

Semoga artikelnya bermanfaat!


sumber : beauty.popbela.com
July 10, 2018

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!

angat sedikit menemukan orang yang memiliki kebiasaan santun dan baik. Perkembangan zaman terkadang menggerus rasa santun dari sebagian orang. Mereka mulai lupa bagaimana caranya bersikap santun dan sopan terhadap sesama.

Namun Jepang tidak, mereka memiliki kebiasaan yang inspirastif dan bernilai positif. Tak heran jika ini membuat Jepang menjadi satu dari negara paling sukses di dunia. Tingkat disiplin yang besar dan menjunjung tinggi kesantuan mereka layak ditiru. Berikut adalah 9 kebiasaan orang Jepang yang sederhana tapi penuh makna.

1. Membungkuk saat menyapa, meminta maaf dan berterima kasih.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
tokyoing.net
 
Orang Jepang sangat terkenal dengan adatnya ini. Gaya tubuh ini mereka tunjukan kepada orang yang tak dikenal sekalipun.

2. Mengucapkan “Itadakimasu” saat akan makan.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
thespruce.com
 
Sebuah kebiasaan yang berarti kita menghormati makanan yang akan kita makan. Serta sebagai ucapan terima kasih atas makanan yang dihidangkan.

3. Membudidayakan jalan kaki supaya panjang umur.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
news.ifeng.com
 
Sangat jarang melihat orang Jepang memakai kendaraan bermotor. Mereka lebih memilih jalan kaki supaya panjang umur.

4. Lebih memilih membaca buku atau menyibukkan diri daripada merepotkan orang lain.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
hiveminer.com
 
Kamu akan menemukan kebiasaan ini saat di kereta api, restoran, rumah sakit dan fasilitas publik lainnya.

5. Membudidayakan mengantri dengan baik. Tidak memaksa orang untuk segera maju.


Biasanya orang yang mengantre paling pertama akan mendapatkan tekanan dari yang mengantre di belakangnya. Tapi orang Jepang tidak. Mereka membudayakan mengantri dengan baik dan tidak intimidatif kepada orang yang mengantre lebih dulu.

6. Mempertahankan budaya nenek moyang mereka dengan baik.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
flickr.com
 
Terbukti dengan banyaknya festival yang mereka lestarikan. Serta baju kimono andalan yang sampai saat ini tetap dilestarikan.

7. Selalu memakai kaos kaki demi menjaga kebersihan.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
fastjapan.com
 Bahkan di sekolah pun mereka mengganti sepatu mereka di loker untuk menjaga kebersihan kelas. Kebiasaan ini akan sering kamu temukan di film-film Jepang.

8. Duduk dengan sangat sopan kaki dilipat di belakang.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
myeyestokyo.com
 
Gaya duduk ini menunjukkan kesopanan dan juga menghargai semua orang di ruangan. Tidak asal duduk sambil kaki dilentangkan kemana-mana.

9. Menyimpan sampah sisa jajan di kantong celana atau jaket saat kondisi terdesak.

9 Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru!
tofugu.com
 
Dalam keadaan semepet apapun, mereka benar-benar tidak akan buang sampah sembarangan. Mereka pun rela menjadikan kantong saku pakaian sebagai bak sampah.
 
Nah, orang Jepang memang sangat istimewa kan? Mana satu dari kebiasaan di atas yang kamu sukai?


sumber : www.idntimes.com
July 10, 2018

Gaya Hidup Sederhana 7 Miliarder Ini Bikin Kamu Mikir Untuk Gak Sombong!

Kebanyakan orang pasti bermimpi untuk hidup dengan harta yang tak habis sampai tujuh turunan. Kamu juga pasti mau ya? Mimpi untuk menjadi orang yang kaya-raya atau jadi miliarder tentu bisa membawa segala macam benda keinginan kamu terwujud. Tapi ingat meskipun jadi miliarder dengan rumah mewah yang luasnya berhektar-hektar kalau udah meninggal rumah kita sama kok. Jadi apa yang mau disombongkan? Kamu boleh sibuk bekerja untuk mencapai impianmu menjadi seorang miliarder tapi jangan sombong ya kalau udah sukses. Nih YuKepo mau kasih contoh para miliarder yang tetap tampil dan hidup dalam kesederhanaan. Pokoknya jauh dari kata sombong deh kehidupan mereka. Simak yuk!

1. Kekayaan bukan untuk berfoya-foya bagi Carlos Slim Helu

www.boombastis.com
Apa yang kamu lakuin kalau kamu udah jadi orang kaya ke-4 dunia kayak Carlos nih? Kekayaannya mencapai angka US$ 50 miliar ini membuat dia tidak tertarik untuk berbelanja barang mewah. Sampai sekarang dia masih tinggal di rumah yang sudah 30 tahun dia tempati. 

2. Pendiri IKEA lebih milih kelas ekonomi kalau naik pesawat

www.lucudanunik.com
Kenalan nih sama pendiri IKEA bernama Ingvar Kamprad dengan jumlah kekayaan Rp 431 triliun ini gaya hidupnya sederhana banget. Masih suka belanja di pasar, makannya gak di restoran mewah, pergi pakai mobil Volvo tua era 90-an dan naik pesawat juga kelas ekonomi loh.

3. Penampilan yang selow abis ala Mark Zuckerberg

www.foxbusiness.com
Lewat Facebook Mark berhasil menempatkan dirinya ada di urutan ke-6 orang terkaya dunia. Kekayaannya tembus di angka US$ 44,6 miliar, berapa rupiah hayo? Udah pasti banyak banget guys. Tapi Mark selalu tampil sederhana, selain kaos oblong sebagai gaya andalan. Mark sering terlibat dalam kegiatan sosial nih, dermawan banget ya. Mobil yang dia punya harganya gak sampai Rp 300 juta udah gitu rumahnya juga termasuk biasa aja untuk golongan miliarder seperti Mark.

4. Filosofi sang ayah mengajarkan Jim C Walton hidup dalam kesederhanaan

www.classybro.com
Anak bungsu dari pendiri Walmart yang menyandang gelar orang terkaya di urutan ke-15  dengan kekayaan US$ 33,6 miliar. Memegang teguh filosofi ayahnya Sam Walton, bahwa kekayaan bukan untuk disombongkan dan hidup hemat. Dari ajaran ayahnya, Jim terkenal sebagai sosok orang yang penuh kesederhanaan.

5. Miliarder dermawan Azim Premji

bisnis.liputan6.com
Pengusaha asal India sebagai pemimpin perusahaan multinasional kenamaan Wipro Limited. Dengan kekayaan Rp 227 triliun pria ini punya prinsip untuk selalu beramal. Semakin banyak amal yang dikeluarkan, semakin banyak uang yang mengalir pada dirinya. Selain itu dia juga masih setia pakai mobil Honda City yang sudah hampir 10 tahun dia kendarai guys.

6. Kekayaan bukan kebahagiaan sesungguhnya bagi Tony Hsieh

www.businessinsider.co.id

Seorang CEO Zappos, berhasil membangun toko online dan menjual aneka pakaian dan sepatu dengan kekayaan sekitar Rp 10 triliun. Pria ini punya pola pikir tentang kebahagiaan bukan perkara tentang uang tapi baginya hidup di antara orang-orang yang mencintainya itu lebih penting.

7. Kekayaannya lebih baik diinvestasikan daripada membeli barang mewah, David Cherlton

www.moneymozart.com
Seorang profesor ternama di Stanford University bernama David Cherlton lebih memilih menginvestasikan uangnya untuk perusahaan teknologi, dibandingkan membeli barang atau pun rumah dan mobil mewah. Di tahun 1998 Cheriton mengeinvestasikan uangnya sejumlah US$ 100.000 ke muridnya untuk membangun sebuah perusahaan. Terbukti Google adalalah perusahaan yang mendapatkan investasi tersebut.


sumber : www.yukepo.com
July 10, 2018

Teknologi Pertanian Jepang Yang Jarang Diketahui !

Teknologi pertanian Jepang – Salah satu yang merupakan kunci sukses negara jepang dalam menyediakan produk berkualitas khususnya dalam bidang makanan berkualitas dengan kuantitas yang memadai adalah teknologi pertanian jepang.

Kondisi tanah di negara tersebut tidak sebagus yang dimiliki  Indonesia dan luas lahan pertanian yang mereka miliki hanya 25% dari seluruh wilayahnya, tentu negara jepang memiliki resep khusus kenapa pertaniannya bisa menghasilkan bahan pangan yang berkualitas.

Teknologi yang mereka miliki dalam bidang ini sangatlah lengkap mulai dari proses penanaman sampai proses panen. Itulah kunci untuk negara ini bisa menghasilkan produk berkualitas dengan kuantitas yang banyak.

Tak hanya itu kekompakan dalam membangun sinergi antara Perudahaan Swasta, Pemerintah dan Universitas (peneliti) sangatlah bagus dan mereka juga ikut andil besar dalam kesuksesannya.

Contoh Teknologi Pertanian Jepang

Hal-hal dibawah ini merupakan beberapa contoh teknologi pertanian Jepang yang canggih dan mungkin bisa kita wujudkan untuk kemakmuran negara kesatuan republik Indonesia :

1. Pembibitan Padi

studioznak.net
Awal dari kenapa hasil bumi yang mereka miliki bisa berkualitas adalah Rekayasa Genetika bibit. Teknologi ini memang sudah dilakukan namun satu-satunya negara yang sangat memaksimalkan rekayasa genetik ini adalah jepang.

2. Penanam Padi


Jika di negara Indonesia mayoritas petaninya masih manual, Negara Jepang sudah memakai sudah memakai mesin. Bisa anda lihat pada gambar Betapa mudah, cepat lagi rapih ketika proses menanam padi berlangsung. Sebenarnya indonesia sudah memiliki mesin yang serupa, namun alat tersebut belum banyak dipakai para petani ditanah air ini.

3. Pemeliharaan Padi

pajaa.com
Penyemprotan vitamin untuk tumbuhan, dan perawatan lainnya dinegara jepang hanya memerlukan waktu sekitar 20-35 menit. hal ini bisa terjadi karena mesin yang digunakan sangatlah praktis dan mudah.

Di Jepang, proses perawatan ini hanya dilakukan oleh satu orang dengan alat sederhana tersebut. Dari gambar diatas sudah membuktikan bahwa teknologi pertanian di negara Jepang memang sangat bagus.

4. Pemanen Padi

herulelono-blogspot-com
India punya indo farm combine harvester, Indonesia punya indo combine Harvester, dan semua alat tersebut membutuhkan setidaknya 3 orang untuk mengoperasikannya dalam proses memanen.

Teknologi pertanian Jepang punya alat yang bisa dioperasikan satu orang, cara pakai yang lebih sederhana namun hasil yang lebih banyak dan cocok dengan pertanian di sana

Penyebab Pertanian di Jepang Sangat Maju

Kemajuan tersebut dipengaruhi teknologi pertanian jepang yang sangat canggih. namun ada beberapa faktor penunjang yang menyebabkan negara tersebut sangatlah maju adalah :

a. Sinergi Universitas, Swasta, dan Pemerintah

Seperti yang sudah disinggung diatas, dinegara jepang jik Pihak universitas ada yang ingin membuat penelitian terbaru mengenai pertanian. Maka pemerintah dan prusahaan swasta akan otomatis meyiapkan dana dan fantastis untu kepentingan tersebut.

Tak hanya itu pemerintah membeli hasil tani dengan harga yang tinggi. Tak sampai disitu pemerintah juga membantu untuk mendistribusikannya. Perusahaan swasta yang ingin membeli langsung hasil tani petani disana juga berani membeli dengan harga tinggi.

b. Trik Sederhana

Sebenarnya langkah keberhasilan teknologi bukanlah faktor utama yang mempengaruhi kualitas kesegaran buah atau padi. Misalnya saja, untuk mempertahankan kesegaran buah-buahan para petani di sana hanya menggunakan air es yang dingin untuk mencuci buah-buahan yang baru dipanen.

Langkah dan trik sederhana inilah yang akan membuat buah-buahan tersebut terlihat tetap segar seperti baru saja dipetik dari pohonnya. Kesegaran tersebut dapat bertahan sampai dua hari.

c. Etos kerja yang bagus

Karyawan para petani di negara jepang bekerja mulai dari jam 2 pagi. Mereka yang bekerja sebagai pegawai resmi di dinas tenaga kerja, akan mendapat tunjangan berupa kesehatan dan dipotong pajak.


sumber : satujam.com
July 10, 2018

10 Tempat Wisata di Turki yang Wajib Dikunjungi


Siapa yang tak kenal dengan Turki. Negara yang satu ini adalah salah satu negara yang selalu menjadi pilihan destinasi wisata para traveler. Selain menyimpan keindahan alam yang menarik, Turki juga memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita yang menjadi daya tarik tersendiri.

Bangunan-bangunan di Turki memiliki keunikan hasil dari perpaduan antara Eropa dan Asia. Banyak di antaranya yang menyimpan sejarah tentang Islam. Keunikan inilah yang menjadikan Turki sebagai negara yang dituju banyak wisatawan. Bagi Anda yang berencana ingin berlibur ke negara ini, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Turki yang harus dikunjungi.

1. Blue Mosque

Blue Mosque

Blue Mosque merupakan masjid megah di Turki yang memiliki keunikan dan keindahan menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke Turki, rasanya belum lengkap kalau belum ke tempat wisata ini. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed 1 yang berasal dari masa dinasti Ottoman abad ke 14, sedangkan konstruksi bangunannya dimulai pada tahun 1609.

Kenapa dinamakan Blue Mosque (Masjid Biru)? Jawabannya adalah karena keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubah masjid ini berwarna biru. Masjid ini memiliki 6 buah menara yang mana konon katanya Sultan Ahmed 1 sempat mendapat kritikan karena memiliki jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekkah. Untuk mengatasi hal ini akhirnya Sultan Ahmed 1 menyumbang biaya pembuatan menara ke 7 Masjidil Haram.

Jika Anda ingin pergi berkunjung ke masjid ini, Anda diharuskan mengenakan pakaian yang sopan dan bagi wanita diharuskan memakai hijab. Saat memasuki kompleks masjid, Anda akan disuguhkan arsitektur yang megah nan menawan dari Blue Mosque yang merupakan masjid terbesar di Istanbul dan telah menjadi salah satu tempat wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi.

2. Galata Bridge

Galata Bridge

Galata Bridge atau Jembatan Galata adalah salah satu tempat wisata di Turki yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ketika melintasi jembatan yang dibangun pada tahun 1836 ini, Anda akan melihat pemandangan yang menyuguhkan 2 sisi berbeda yaitu bangunan bergaya Eropa dan juga Asia.

Yang unik dari jembatan ini adalah bahwa jembatan ini terdiri dari 2 tingkat. Bagian atas jembatan digunakan untuk transportasi kendaraan dan pejalan kaki, sedangkan tingkat bawah dipenuhi dengan cafe dan juga restoran yang sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Jika ingin melihat pemandangan dari jembatan ini, sore dan malam hari adalah waktu yang terbaik. Biasanya saat sore tiba, jembatan ini akan lebih dipadati pengunjung. Anda bisa mengisi perut sembari ditemani pemandangan sunset yang menakjubkan. Kuliner yang paling populer di Galata Bridge adalah Balik Ekmek, sejenis snack yang terbuat dari ikan panggang dan roti.

3. Cappadocia

Cappadocia

Saat berlibur ke Turki, Cappadocia adalah salah satu tempat wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, Anda bisa naik bus dengan jarak tempuh sekitar 12 jam dari kota Istanbul. Cappadocia menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagaikan sedang berada di planet lain. Pemandangan lembah, ngarai, dan juga perbukitan mendominasi tempat wisata di Turki ini. Keunikan lain dari tempat wisata di Turki ini adalah bahwa bangunan rumah, gereja, restoran, dan juga terowongan yang ada di kawasan ini semuanya terbuat dari pahatan bebatuan.
Beberapa tempat menarik yang terkenal di sini antara lain:

a. Goreme

Goreme

Goreme adalah sebuah kota unik yang dipenuhi oleh bangunan yang terbuat dari pahatan batu. Batu-batuan tersebut dibuat secara manual dan ada juga yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh warga lokal. Tak lengkap rasanya jika ke Goreme tanpa menaiki balon udara. Di sini terdapat tour balon udara yang biasanya dimulai saat matahari terbit. Memandangi lembah dan bukit dari atas dipadu dengan sunrise yang menakjubkan akan membuat pengalaman berlibur anda semakin mengesankan.

b. Urgup

Urgup

Di Urgup Anda bisa menemukan banyak sekali restoran dan juga hotel yang berada di dalam gua.

c. Avanos

Avanos

Avanos terkenal sebagai pusat tembikar dan keramik. Di kota ini Anda bisa belajar bagaimana caranya membuat tembikar.

d. Wisata Kuliner

Kuliner Cappadocia

Traveling tak akan lengkap jika belum mencicipi kelezatan kulinernya. Kuliner terkenal di Cappadocia adalah Testi Kebab. Perpaduan daging dan juga sayuran dengan bumbu lezat yang dimasak menggunakan panci tanah liat adalah sebuah kenikmatan yang wajib dicoba.

4. Konya

Konya

Konya juga telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Turki yang sayang untuk dlewatkan. Termasuk dalam kota tua yang ada di Turki, letaknya cukup dekat dengan ibu kota Turki yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja, sedangkan dari Istanbul, tempat ini berjarak sekitar 660 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 10 jam berkendara dengan menggunakan mobil.

Kota ini menjadi pusatnya kebudayaan Turki dan juga sangat populer dengan kereligiusannya. Atraksi wisata dan tempat populer di Konya di antaranya:

a. Tarian Sufi (Whirling Dervishes)

Tarian Sufi (Whirling Dervishes)

Tarian Sufi memiliki keunikan tersendiri. Si penari akan berputar selama 15 menit dalam keadaan stabil sambil mengenakan kostum unik yang akan mengembang ke atas ketika si penari mulai berputar.

b. Mevlana Museum

Mevlana Museum

Merupakan sebuah museum yang menyimpan karya-karya sastra Jalaludin Rumi. Seorang sastrawan yang terkenal di jamannya. Di dalam museum ini terdapat barang-barang pribadi dan juga makam Jalaludin Rumi. Setiap bulan Desember di Konya diadakan festival Seb-i Arus, yaitu sebuah festival tahunan yang digelar dengan tujuan untuk mengenang kembali karya besar Jalaludin Rumi. Biasanya semua hotel dan penginapan akan penuh saat festival ini dimulai.

5. Topkapı Palace

Topkapı Palace

Topkapı Palace dulunya merupakan tempat tinggal sultan yang dibangun pada tahun 1459, sehingga di dalamnya terdapat banyak fasilitas, antara lain yang dulunya digunakan sebagai rumah sakit, sekolah, asrama, perpustakaan, taman, dan masjid. Namun saat ini Topkapı Palace telah dijadikan sebagai sebuah museum.

6. Istiklal Street

Istiklal Street

Wisata belanja selalu berhasil menjadi bagian penting bagi para traveler. Tempat wisata belanja yang populer di Turki adalah Istiklal Street yang terletak di kota Istanbul. Terbentang sepanjang 1,4 km, Anda bisa menemukan berbagai jenis barang seperti pakaian, buku, dan coklat. Terdapat pula klub malam, bioskop, restoran, dan masih banyak lagi tempat hiburan lainnya. Setiap harinya jalanan ini selalu dipadati pengunjung, dan saat akhir pekan, hampir 3 juta pengunjung memadati tempat wisata di Turki ini.

7. Pamukkale

Pamukkale

Pamukkale merupakan tempat wisata pemandian air panas yang populer di Turki. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan kolam yang menakjubkan. Sekilas, kolam akan terlihat seperti salju, tetapi warna putih yang ada di kolam ternyata adalah logam kalsium yang mengeras.

Di sini Anda bebas berendam di kolam yang berbentuk berundak (terasering) yang terbentuk secara alami. Katanya kolam air panas ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, reumatik, penyakit mata, dan penyakit kulit. Pamukkale buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 8 malam, kecuali saat musim dingin yang mana tempat ini tutup pada jam 5 sore.

8. Bursa

Bursa

Berkunjung ke Turki belum lengkap jika tidak mencicipi kulinernya. Di kota Bursa Anda bisa menikmati kebab Turki yang sangat fenomenal.

9. Blue Lagoon

Blue Lagoon

Turki identik dengan pemandangan lautnya yang indah. Di Blue Lagoon ini Anda bisa melakukan aktifitas seperti aneka permainan dan olahraga air. Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang tenang dan juga pemandangan laguna yang indah.

10. Fethiye

Fethiye

Fethiye selalu ramai pengunjung saat musim panas. Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Turki ini Anda bisa naik pesawat, turun di bandara internasional Antalya atau Dalaman. Baik dari Antalya atau Dalaman hanya berjarak 1 jam perjalanan menuju Fethiye.

Aneka kegiatan seperti berenang, memancing, menyelam, paragliding, parasailing, dan permainan kano bisa Anda lakukan di sini. Terdapat pula area hiking dengan rute mendaki gunung, melewati lembah, dan melewati trek sepanjang lebih dari 500 km yang disebut dengan Lycian Way – Antalya.

Olahraga ekstrim yang paling banyak diminati di Fethiye adalah paralayang yang menjadikan Fethiye sebagai tempat paralayang paling terkenal di Eropa. Di sini Anda juga bisa menikmati tur mewah menggunakan kapal pesiar. Anda akan dibawa ke tempat wisata menarik seperti pantai, laguna, dan goa laut.

Untuk urusan akomodasi, Fethiye menawarkan berbagai jenis penginapan dan juga hotel dengan harga yang bervariasi. Anda bisa menyesuaikan budget anda untuk memilih penginapan seperti apa yang Anda inginkan.

sumber : anekatempatwisata.com
July 10, 2018

15 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Lombok merupakan alternatif destinasi wisata populer di Indonesia Tengah, cocok untuk yang ingin mencari tempat wisata seindah Bali, namun relatif lebih sepi. Selain memiliki pemandangan indah, Lombok juga menawarkan wisata pantai, budaya, sejarah, hingga kuliner.

Mau tau apa saja tempat wisata di Lombok yang paling oke? Berikut daftar ulasan 15 tempat wisata yang paling direkomendasikan di pulau indah ini.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, serta pemandangan bawah laut yang indah.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Kuta antara lain adalah snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan melihat matahari terbenam. Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup lengkap, seperti misalnya homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, hingga warung makan.

Pengunjung sebaiknya datang antara pukul 09:00 dan 15:00 untuk menikmati suasana serta ombak yang optimal. Jika ingin melihat matahari terbenam, datanglah sekitar pukul 16:00 atau 17:00 untuk menikmati suasana sore di Pantai Kuta.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak berada dalam jalur yang sama dengan Pantai Kuta, sehingga cocok dijadikan tujuan wisata pantai berantai. Tempat wisata di Lombok yang satu ini memiliki pasir putih lembut serta air biru, dan masih relatif sepi walau sudah memiliki fasilitas standar. Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar, tetapi tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok untuk pemula.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Selong Belanak antara lain adalah berselancar, berenang, berjemur, melihat matahari terbenam, dan snorkeling. Tidak ada biaya masuk ke pantai ini, tetapi pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar sewa parkir sebesar Rp3.000.


Pantai Selong Belanak berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Pantai Kuta. Jalan menuju pantai ini sekarang memiliki kondisi bagus. Terdapat beberapa warung makan murah di sekitar pantai, sehingga pengunjung bisa makan dengan biaya terjangkau.

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.

Pantai Tanjung Aan adalah tempat wisata di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka warung makan sederhana. Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Pada bulan Februari dan Maret, tempat wisata di Lombok ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, selain Pantai Kuta dan sekitarnya.

Pantai Tanjung Aan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. Terdapat kendaraan umum yang melewati Pantai Tanjung Aan, namun jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu, pelancong disarankan untuk menyewa motor atau mobil.

4. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko

Peselancar ahli yang tidak puas dengan Pantai Kuta atau Selong Belanak bisa memilih Bangko-Bangko. Dikenal juga dengan nama Desert Point, Pantai Bangko-Bangko memiliki ombak besar serta area berbatu tajam yang cukup menantang bagi peselancar ahli. Pantai ini berlokasi di barat daya Lombok, di area yang agak terpencil, sehingga kondisinya masih cukup asri.

Pelancong dapat mencapai Pantai Bangko-Bangko dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Lembar. Anda masih harus menyewa mobil atau ojek untuk mencapai area pantai. Walau tidak memiliki banyak fasilitas, penduduk setempat menyewakan pondok-pondok penginapan murah di sekitar area pantai.

5. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi

Pantai Tangsi adalah pantai di Lombok Timur yang memiliki keunikan berupa pasir warna merah muda, sehingga sering juga disebut Pantai Pink. Pelancong bisa menemukan tempat wisata di Lombok ini dengan berkendara sejauh 2 kilometer dari Mataram, hingga menemukan papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Pink 50m”. Ada juga kapal sewaan dari Pelabuhan Tanjung Luar yang menuju area tempat pantai ini berada.

Pantai Tangsi paling cocok dikunjungi antara pukul 08:00 hingga 16:00, karena sinar mataharinya cukup terang untuk memantulkan warna merah muda pada pasir. Pastikan untuk datang saat musim kemarau, agar bias warna merah muda yang muncul terlihat maksimal. Pelancong disarankan membawa bekal dan pulang sebelum senja, karena tidak ada penginapan, warung, atau fasilitas turis lain di sekitar pantai.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah puncak tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) di Indonesia, serta merupakan taman nasional. Gunung ini populer sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ada banyak hal yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini walau Anda tidak mendaki hingga puncak.

Danau Segara Anak merupakan salah satu panorama terkenal di Rinjani. Area sekitar danau ini datar dan cocok untuk memancing atau berkemah. Danau Segara Anak juga dikelilingi berbagai gua yang bisa dijelajahi, seperti Gua Susu, Manik, dan Payung. Ada juga kolam air panas alami yang letaknya sedikit di bawah area danau. Selain bisa untuk berendam, kolam air panas ini juga kerap digunakan penduduk setempat untuk ritual.

Gunung Rinjani juga memiliki berbagai air terjun, yang mana sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Terdapat setidaknya 20 air terjun di kaki gunung ini, lengkap dengan kolam sejuk di bawahnya. Ada juga padang rumput berbukit yang unik di Desa Sembalun Lawang, yang juga merupakan titik awal jalur pendakian.

7. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan

Berlokasi di area Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan adalah lokasi populer untuk menikmati pemandangan dari ketinggian tanpa harus melewati pendakian berat seperti di Gunung Rinjani. Bukit Pergasingan menawarkan panorama hutan, persawahan, pedesaan, serta Gunung Rinjani di kejauhan. Pengunjung yang hendak mendaki Gunung Rinjani untuk pertama kalinya sering berlatih dulu di bukit ini.

Bukit Pergasingan menawarkan titik sempurna untuk memandang matahari terbit dan terbenam. Ada juga berbagai fasilitas untuk petualangan, seperti misalnya paralayang dan sepeda gunung. Tempat wisata di Lombok ini juga cocok untuk berkemah. Jika Gunung Rinjani sedang tidak buka, misalnya karena aktivitas volkanik, pendaki yang “gatal” ingin mendaki kerap menjajal bukit ini sebagai gantinya.

Karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke area perbukitan, pelancong disarankan menyewa kendaraan. Penduduk di sekitar kaki bukit juga banyak yang menyewakan mobil serta sepeda motor, sehingga memudahkan pelancong untuk mencapai titik pendakian. Fasilitas terkait wisata Bukit Pergasingan dikelola oleh komunitas setempat yang bernama Sembalun Development Community Centre.

8. Taman Narmada

Taman Narmada

Berlokasi di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Taman Narmada merupakan peninggalan Anak Agung Ngurah Karang Asem, raja Mataram Lombok dari abad ke-18. Tempat wisata di Lombok ini dulu berfungsi sebagai tempat peristirahatan sekaligus lokasi ritual, dan kini dibuka untuk umum setelah melalui beberapa proyek pemugaran. Kondisi taman ini sangat rapi dan terawat, mirip dengan taman keluarga kerajaan di Karangasem, Bali.

Taman asri ini memiliki berbagai bangunan bersejarah yang indah, seperti misalnya Balai Loji, Terang, dan Pamerajan yang merupakan bagian dari kediaman raja, Pura Lingsar dan Kalasa yang merupakan tempat ibadah, serta panggung terbuka untuk menampilkan pertunjukan. Ada juga danau buatan, kolam Balai Petirtaan yang airnya berasal dari Gunung Rinjani, serta Taman Paresak yang kini beralih fungsi menjadi kebun buah.

Pengunjung bisa menikmati keindahan taman sambil bermain perahu dayung dan mencoba flying fox di area danau. Ada juga diorama budaya Suku Sasak, lengkap dengan informasi untuk mengedukasi pengunjung. Setiap bulan November dan Desember, taman ini beralih fungsi menjadi lokasi pelaksanaan ritual suci di kalangan penganut agama Hindu.

Pada hari biasa, pengunjung bisa naik ke puncak Pura Kalasa untuk melihat keindahan seluruh taman. Saat memasuki pura, pengunjung wajib bersikap sopan, tidak membuang sampah sembarangan, dan mengenakan pakaian yang sopan.

9. Dusun Sade

Dusun Sade

Dusun Sade adalah hunian Suku Sasak yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dan terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak sekitar enam abad silam. Penduduk desa ini masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, lengkap dengan dinding anyaman dan bambu serta kayu sebagai penunjang.

Setiap rumah di Dusun Sade dibedakan menurut fungsinya, misalnya Bale Tani yang merupakan hunian keluarga, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum memiliki anak atau lansia, dan Bale Bonter yang dihuni petinggi desa. Ada juga bangunan lumbung padi dan balai desa tempat warga setempat mengadakan perundingan. Setiap rumah dihubungkan dengan semacam jalan setapak.

Pelancong dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional, ikut belajar menenun, dan membeli kain langsung dari penduduk desa. Penduduk desa juga kerap mengadakan festival dan ritual tradisional. Pelancong bebas memotret dan mengobrol dengan penduduk desa, namun tetap harus bersikap hormat dan menjaga kesopanan.

10. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Senggigi adalah salah satu pantai terpopuler di Lombok. Berlokasi di Lombok Barat, tempat wisata di Lombok yang satu ini terletak tidak jauh dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yaitu tiga pulau kecil paling terkenal di lepas pantai Lombok. Pantai Senggigi memiliki pasir lembut serta air biru kehijauan yang cukup jernih. Pantainya yang dangkal serta formasi terumbu karangnya yang unik membuatnya populer untuk snorkeling.

Keunikan lain dari tempat wista di Lombok ini adalah gradasi warna pasirnya, dari gelap ke putih. Ombaknya relatif lembut, sehingga cocok untuk bermain perahu, berenang, atau belajar berselancar. Pengunjung bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau berperahu di area sekitar pantai. Terdapat beberapa titik ideal untuk snorkeling, tetapi lokasi di depan Senggigi Resort merupakan yang paling favorit, karena ombaknya tidak terlalu keras.

Pantai Senggigi juga ideal sebagai tempat untuk melihat matahari terbenam, dengan pemandangan Gunung Agung di kejauhan. Karena popularitasnya, Pantai Senggigi banyak dikelilingi oleh hotel dan penginapan, baik yang murah maupun mewah. Ada juga toko oleh-oleh, warung, serta restoran di dekat pantai, sehingga pelancong tidak perlu khawatir soal kebutuhan perjalanan.

11. Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Gili Air

Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) di area lepas pantainya, namun tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Air, dan Meno. Ketiga gili ini memiliki lokasi yang berdekatan, sehingga sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat (island hopping). Gili Trawangan adalah gili terbesar, sedangkan Gili Meno adalah yang paling sepi sekaligus asri.

Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal. Pelancong bisa menikmati pemandangan pantai, minum di kedai pinggir pantai, menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di tempat wisata di Lombok ini. Gili Trawangan juga kerap menjadi lokasi pesta pinggir pantai, sehingga cocok untuk pelancong yang ingin menikmati suasana resort.

Gili Meno dan Air berukuran lebih kecil serta lebih sepi bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, tetapi Gili Air masih dihuni oleh masyarakat lokal. Pantai di Gili Air juga tidak seramai Gili Trawangan, dan banyak dikunjungi oleh keluarga. Area pantai di Gili Meno dan Air cocok untuk snorkeling atau menyelam.

12. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah salah satu gili terkecil yang tidak berpenghuni di lepas pantai Lombok. Pasir putih dan panorama bawah airnya membuat tempat wisata di Lombok ini terkenal sebagai tempat berkemah, snorkeling, dan menyelam. Perairan di pulau kecil ini relatif jernih, dan banyak dihuni ikan tropis. Pelancong bisa membawa potongan kecil roti dalam botol bekas untuk memberi makan ikan.

Pengunjung yang ingin berkemah wajib menjaga kebersihan serta membawa persediaan air tawar yang cukup. Tidak ada persyaratan khusus untuk berkemah di tempat wisata di Lombok ini, tetapi pelancong tetap harus memberitahu pihak berwenang di desa setempat.

13. Gili Layar

Gili Layar

Gili Layar adalah pulau kecil tidak berpenghuni yang mirip dengan Gili Nanggu. Selain pasir putih dan perairan jernih, Gili Layar menawarkan panorama terumbu karang tropis yang masih relatif utuh. Ada juga formasi karang kebiruan langka yang disebut “blue coral”. Jenis karang ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yaitu Lombok dan Kepulauan Karibia.

Selain snorkeling dan menyelam, di tempat wisata di Lombok ini pelancong bisa berkemah, berperahu, memancing, atau berenang. Sama seperti di Gili Nanggu, pelancong yang ingin berkemah wajib memberi tahu pihak desa setempat, menjaga kebersihan, serta membawa persediaan air bersih yang cukup.

14. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep adalah air terjun yang berlokasi di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Mataram. Tempat wisata ini masih relatif asri, dan memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan serta hutan, dan berakhir di sebuah kolam sejuk. Udaranya yang segar akan membuat stres lenyap seketika. Selain itu, kolam dingin di bawah air terjun tersebut bisa juga dijadikan tempat berenang.

Pelancong yang hendak menikmati keindahan tempat wisata di Lombok ini sebaiknya menyewa sepeda motor atau mobil dengan sopir (di Mataram atau Cakranegara), karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke area air terjun. Pelancong bisa membayar penduduk setempat untuk menjadi pemandu dan terdapat tangga yang sengaja dibangun untuk mencapai air terjun.

15. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile adalah air terjun yang lokasinya berada di bawah Tiu Kelep, sehingga bisa dikunjungi sekaligus. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, dan bentuknya bertingkat-tingkat. Terdapat kolam dengan bebatuan di bawah tirai air terjun, dengan air dingin yang jernih dan cocok untuk direnangi.

Sama seperti saat ke Tiu Kelep, pelancong bisa meminta tolong kepada penduduk setempat untuk jasa pemandu. Area air terjun ini dekat dengan fasilitas umum seperti toilet umum, tempat ibadah, dan tempat parkir. Ada juga warung sederhana yang dikelola penduduk, serta restoran yang berada di dataran tinggi.


sumber :  anekatempatwisata.com

July 10, 2018

Keren! Inilah 5 Teknologi Baru Tercanggih yang Menggemparkan Dunia

FAMOUS.ID - Banyak teknologi terbaru yang telah ditemukan oleh para ilmuwan memang menggemparkan dunia. Sebagian banyak dari teknologi terbaru yang bisa dikategorikan tercanggih dan terunik ini tidak diluncurkan ke pasaran, yang memang banyak faktor yang menjadi kendala, bahkan banyak juga yang hanya berakhir begitu saja, faktor seperti biaya produksi yang berpengaruh terhadap harga jual yang terlalu tinggi, atau mungkin dari segi fungsi. Berikut ini ada 5 teknologi baru tercanggih yang menggemparkan dunia!

1.Quantum teleporter


Q-Teleportation telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation nggak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini "menciptakan" replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan "menghilang" selama replikanya diciptakan.

2. Tesla car


Kendaraan apa yang cepat, aman untuk digunakan, berjalan oleh bahan bakar listrik, dan benar-benar unik? Ya, mobil Tesla. Beberapa produsen mobil berlomba untuk mewujudkan kemampuan dan impian seluruh warga dunia. Namun hanya ada beberapa yang dapat membuatnya dengan kemampuan dan kriteria tertentu, dan inilah yang membuat para produsen mobil untuk saling berkompetisi. Namun Tesla telah dinobatkan sebagai Mobil Tahun Ini (Car of The Year) oleh MotorTrend. Pembuatan mobil pintar oleh Tesla ini merupakan salah satu mobil yang paling dicari di Amerika Serikat dan juga di penjuru dunia.

3. Sarung tangan bisu


Tiga orang siswa dari Ukraina berhasil menciptakan sarung tangan yang dapat mengubah gerak tangan menjadi suara. Sarung tangan dengan sensor elektronik yang dapat mengubah gerakan tangan menjadi audio vokal lewat ponsel cerdas. Perangkat bernama Enable Talk memiliki ongkos produksi sebesar £50, serta siap mengubah hidup 40 juta orang bisu di dunia. Sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor dan aplikasi penerjemah gesture tersebut menyabet gelar pertama di Microsoft Imagine Cup 2012, Sydney, Australia. Sarung tangan ini berfungsi untuk membantu orang bisu, tuli atau bisu tuli supaya dapat berkomunikasi dengan orang lain yang tidak mengerti bahasa isyarat.

4. Charger tenaga air


Yang satu ini akan sangat menguntungkan bagi para pengguna ponsel di dunia karena charger ponsel ini nggak menggunakan listrik tetapi hanya menggunakan air untuk mengisi daya pada ponsel. Charger Ponsel Tenaga Air Charger bernama PowerTrekk yang diproduksi oleh perusahaan Swedia, myFC ini dirancang khusus untuk melakukan pengisian daya listrik peralatan-peralatan elektronik berupa gadget, baik itu HP, Kamera digital, GPS, notebook ataupun Tablet Android. Ya, keunikan dari peralatan ini adalah "bahan bakar" yang digunakan PowerTrekk, yaitu air. Cukup dengan 1 sendok makan air, peralatan charger ini dapat mengisi energi HP untuk pemakaian 10 jam. Perangkat berisi sodium ini akan mengubah air menjadi hidrogen serta menjadikannya tenaga melalui reaksi kimia.

5. The eye tribe


Teknologi asal Denmark ini memungkinkan kamu mengendalikan ponsel cerdas atau tablet melalui gerakan mata. Alat ini menggunakan cahaya infra merah yang dipantulkan dari pupil mata ke perangkat. Sebelum menggunakan alat pelacak mata, kalibrasi diperlukan agar perangkat dapat menemukan pengguna dan mengidentifikasi karakteristik mata yang diperlukan untuk membantu meningkatkan akurasi pelacakan tatapan seseorang. Tracker ini memiliki akurasi rata-rata 0,5 derajat sudut visual dan dapat mengidentifikasi dan mengikuti pergerakan mata dengan sub milimeter presisi, yaitu seukuran jari.

Nah itulah beberapa teknologi baru tercanggih yang menggemparkan dunia. Semakin berkembangnya teknologi semakin mempermudah kehidupan ya, tapi jangan sampai salah mempergunakannya ya! Ulasan tentang teknologi baru tercanggih bisa kamu simah juga divideo yang ada di halaman ini! (non)

sumber : www.famous.id